Penyebab Perut Kembung dan Cara Mengatasinya

Perut yang  penuh dan adanya gerakan gas di dalam perut adalah sensasi yang sangat tidak nyaman dan sering disebut dengan perut kembung. Perut kembung adalah salah satu gejala gastrointestinal yang paling umum dan bisa diatasi dengan menggunakan cara-acara alami. Metode alami ini bisa digunakan sebagai obat mengatasi perut kembung.

Ada banyak penyebab mengapa seseorang mengalami perut kembung dan ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi gejala tersebut. Apa sajakah pengobatan yang bisa digunakan?

Makanan Penyebab Perut Kembung

Perut kembung merupakan hasil dari proses tubuh yang normal, atau mungkin berasal dari suatu kondisi yang mempengaruhi sistem pencernaan. Sumber eksogen adalah sumber yang berasal dari luar, ketika Anda menelan udara saat makan, minum, atau menelan air liur, terutama ketika kelebihan air liur yang diproduksi.

Hal-hal itulah yang akhirnya membuat tubuh menjadi sering mual atau asam lambung. Perut kembung juga disebabkan oleh sumber endogen di dalam usus. Gas dapat muncul sebagai produk sampingan dari pencernaan makanan tertentu, atau ketika makanan tidak sepenuhnya dicerna.

Jika ada makanan yang tidak dicerna sepenuhnya oleh lambung atau usus kecil, perut kembung dapat terjadi ketika mencapai usus besar.

Mengapa beberapa makanan menyebabkan lebih banyak gas? Info kesehatan menyebutkan bahwa makanan yang menyebabkan perut kembung cenderung mengandung banyak polisakarida tertentu, terutama oligosakarida, seperti inulin. Inulin termasuk dalam kelas serat makanan yang dikenal sebagai fructans. Contoh makanan yang dapat memperburuk perut kembung termasuk:

  1. Sayuran seperti brokoli, daun bawang, kembang kol, kubis, bawang putih, bawang, kacang-kacangan, kubis dan lobak
  2. Sereal, seperti gandum
  3. Kacang
  4. Produk susu
  5. Ragi dalam produk yang dipanggang, seperti roti
  6. Kacang mete

Perut kembung biasanya bukan masalah serius. Dalam kebanyakan kasus, perubahan dalam gaya hidup dan pola makan adalah pengobatan yang dibutuhkan. Makanan yang mengandung karbohidrat  bisa membantu mencegah perut Anda kembung seperti :

  1. Pisang
  2. Buah sitrus
  3. Selada
  4. Nasi

Jika Anda masih mengalami gejala perut kembung, Anda bisa mengatasinya dengan mencoba meminum beano atau maalox.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *